Tentang Settingan Mini Legend (sang juara)


Disini saya akan berbagi tentang settingan game mini legend..
Agan menjadi THE WINNER (secara sehatπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜



Ok..mari kita bahas...!!!
  • MOTOR ( dinamo )

Motor bisa dikatakan nyawa dari kecepatan yang dimiliki mobil mini 4wd. Dengan memasang motor yang lebih bagus dan baik adalah cara paling tepat untuk menambah kecepatan dari mobil.Makanya GM Harumi menciptakan motor yang cukup beragam.Motor yang berbeda-beda tersebut punya kemampuan dan ciri khas masing-masing. Oleh sebab itu pemilihan dan pemakaian motor harus tepat, karena motor ada yang didisain untuk kecepatan tinggi dan adapula yang didisain untuk cornering(berbelok).Pemilihan motor biasanya dipengaruhi aspek RPM dan Torque.Semakin tinggi nilai RPM-nya semakin tinggi top speed-nya.Sedangkan Torque berkaitan langsung dengan akselerasi(percepatan). Semakin tinggi Torque-nya semakin tinggi pula akselerasi yang akan dimiliki mobil.


  • GEAR RATIO

Gear ratio adalah angka perbandingan antara putaran motor dengan putaran ban. Gear dengan ratio gear kecil akan menghasilkan kecepatan yang tinggi. Sedangkan dengan ratio gear yang lebih besar akan lebih menghasilkan akselerasi.Dapat kita lihat perbandingan kecepatan yang dimiliki oleh mobil dengan gear ratio berbeda. Gear ratio besar akan lebih cepat saat start awal (quickstart) dan saat mendaki, hal ini dikarenakan motor bekerja lebih ringan sehingga dapat mencapai kecepatan maksimalnya dengan lebih cepat. Hal inilah yang disebut dengan akselerasi.
Sedangkan pada gear ratio kecil akan sangat baik saat jalan lurus, karena mobil dengan gear ratio kecil akan punya top speed yang lebih tinggi.


  • TIER (ban)

Ban yang dipakai pada mini 4wd akan mempengaruhi performa mobil. Baik dalam hal kecepatan, kestabilan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan pada pemilihan
ban antara lain adalah Berat dan Diameter dari ban.

- Perbandingan diameter ban
Diameter kecil : Baik untuk quick start (start awal), tapi tidak untuk top speed. Dengan ban diameter kecil, mobil akan punya center of gravity yang lebih rendah, sehingga membuat mobil lebih baik dalam cornering (berbelok).

Diameter besar : Baik untuk top speed dan cocok untuk track lurus.
Berat : Berat biasanya di gunakan di lintasan yang banyak memakai belokan.Tapi kalo di lintasan yang mudah lebih baik pakai yang ringan.


  • Wheel (velg)

Dalam penggunaan wheel atau velg terbagi atas 2 tipe, yaitu:
- Size (ukuran)
Size S : Kecepatan lebih pelan tergantung lintasan track (kalo dilintasan rumit pelan,tapi cocok di track lurus).
Size M : Kecepatan Stabil di track rumit,tapi pelan di track lurus.
Size L : Kecepatan Kenceng di track rumit,apalagi kalo banyak tanjakan,tapi sangat pelan kalo di track biasa.
- Weight (Berat)
Berat biasanya di gunakan di lintasan yang rumit.
Tapi kalo di lintasan yang mudah biasanya orang orang pakai yang ringan.


  • Roller

Memakai roller adalah suatu keharusan saat balapan di track. Seperti yang pernah saya singgung pada artikel sebelumnya bahwa tanpa roller mobil mini 4wd akan kesulitan saat melaju di track balap,


  • Weight

Dalam hal praktis weight dapat dikatakan sama
dengan center of gravity, tapi lebih mengacu pada bagian mana yang dibuat harus lebih berat atau lebih ringan. Biasanya pembalap membuat setting agar mobil "berat di depan" agar dapat melewati lompatan dengan baik.Membuat mobil kita menjadi lebih ringan juga termasuk suatu cara untuk membuat mobil kita menjadi lebih cepat. Logikanya kita akan lebih mudah berlari tanpa membawa apa-apa daripada berlari sambil membawa tas yang penuh berisi dengan botol bir wkwkwkwk :p
Ringan pasti memang akan lebih cepat, tapi tidak menjamin mobil mini 4wd kita tetap bisa berada pada jalur lintasannya.Bisa saja karena terlalu ringan mobil malah "terbang"

Baca juga ya Jadwal Event Mini Legend

11 Responses to "Tentang Settingan Mini Legend (sang juara)"

  1. Tambah info min.. berat bisa menambah downforce.. 2 gram = 15 point downforce.. trus klu cma 1 gram = 8 point.. patut dipertimbangkan saat pilih bumper..

    BalasHapus
  2. Gan KLO buat bisa menang di art 11 stage 5 gimana y triknya

    BalasHapus
  3. Sudah beli semua part,tapi masih bingung cara merakitnya.. Mohon bimbingannya Para Suhu.. Makasih..

    BalasHapus
  4. Biar pas interchange (lompatan pindah jalur) mobil ga terbang, banyak cara yg dipake, misal pake stay yg punya downforce tinggi & berat, atau bisa mod stay nya dengan menambah persentase braking serta mengurangi jump anglenya

    BalasHapus
  5. mentok di art 11 stage 3 udahsusah duh nge up nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih ane juga mentok di situ,lawannya mobil kenceng bener udh gitu stabil lg ga keluar lintasan..

      Hapus
    2. Waduuh agan skrng udh lewat engga gan soalnya saya skrng udh mentok di babak 11 tahap 3 ini

      Hapus
  6. Upgrade motor (dinamo)
    Balapan terus di BOSS Act 10 dapat hadiah motor bintang 4.

    BalasHapus